PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG MATERI MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WRITTING IN THE HERE AND NOW UNTUK SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Titi Anjarini

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Hasil belajar pada materi menulis dengan menggunakan model pembelajaran writing in the here and now pada siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Purworejo  tahun pelajaran 2016/2017; 2) penggunaan model pembelajaran writing in the here and now pada peningkatan hasil belajar pada materi menulis untuk siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Purworejo  tahun pelajaran 2016/2017; 3) Nilai keterampilan menulis siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Purworejo  tahun pelajaran 2016/2017 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran writing in the here and now lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Subjek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran writing in the here and now, sedangkan objek penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Purworejo, Kecamatan Baledono Kabupaten Purworejo berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penyajian data menggunakan teknik informal. Pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan penilaian proses. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) model pembelajaran writing in the here and now membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar yaitu meningkatkan keterampilan menulis; (2) model pembelajaran writing in the here and now berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Purworejo; (3) nilai rata-rata pascates dengan model pembelajaran writing in the here and now lebih meningkat daripada rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran writing in the here and now dengan model konvensional. Hal tersebut membuktikan bahwa nilai keterampilan menulis siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Purworejo dengan model pembelajaran writing in the here and now lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model konvensional.

 

Kata Kunci: hasil belajar, materi menulis, model pembelajaran

writting in the here and now


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v5i9.4828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.