PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM RETORIKA KHOTBAH MUHAMMADIYAH

Mohammad - Fakhrudin

Abstract


Abstract: This research aims at dercribing the use of bahasa in Muhammadiyah’s sermon rhetoric. The method used here is the descriptive-qualitative one. The data are collected using observation method, specifically with reading and noting techniques done on sermon texts published in Suara Muhammadiyah 2009. The methods of data analysis are content-analysis, prescriptive method, and distributional methods. Then, the results of analysis are presented informally. The conclusion of this research is that the bahasa Indonesia used in most Muhammadiyah’s sermon rhetoric has certain characteristics which are suitable with the guidance of the Alquran and the Alhadis. It also meets the characterictis of high vairiety, those are high prestige, more enlightening, and able to convey profound and complex thoughts. Nevertheless, it is also shown that the bahasa used in almost all of the sermon rhetoric doesn’t maintain the beauty of language. As a medium of communication, the Muhammadiyah’s sermon rhetoric effectively delivers tha message to audiences. They can receive the message well and thus are enlightened.

Keywords: sermon rhetoric, high variety

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia dalam retorika khotbah Muhammadiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dengan teknik baca catat teks khotbah yang diterbitkan dalam Suara Muhammadiyah 2009. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi, metode preskriptif, dan metode distribusional, sedangkan hasil analisis disajikan secara informal. Simpulan penelitian ini adalah bahwa bahasa Indonesia yang digunakan dalam sebagian besar retorika khotbah Muhammadiyah mempunyai ciri-ciri yang sesuai dengan tuntunan Alquran dan Alhadis dan memenuhi sebagian besar  ciri-ciri ragam tinggi, yakni bergengsi tinggi, lebih adab, lebih mampu mengungkapkan pikiran yang berbobot dan majemuk. Namun, bahasa Indonesia yang digunakan pada sebagian besar retorika khotbah itu tidak memperhatikan keindahan. Sebagai media komunikasi, retorika khotbah Muhammadiyah berfungsi secara efektif menyampaikan pesan komunikator kepada komunikan jamaah. Pesan itu sampai pada jamaah secara utuh dan jamaah teredukasi dengan baik.

Kata kunci: retorika dakwah, ragam tinggi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v4i07.3658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.