PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KOREAN WAVE DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pengguna Skincare Nature Republic)
Abstract
Banyaknya persaingan bisnis skincare saat ini membuat perusahaan Nature Republic harus dapat menentukan strategi yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan akhir yang dilakukan konsumen sebagai bentuk jawaban atas kebutuhannya melalu serangkaian proses pemilihan beberapa alternatif yang ada. Untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian, perusahaan harus dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusanan pembelian diantaranya adalah brand ambassador, korean wave, dan citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) brand ambassador terhadap keputusan pembelian (2) korean wave terhadap keputusan pembelian (3) citra merek terhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengguna skincare Nature Republic. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Nature Republic, korean wave berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Nature Republic, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Nature Republic.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Korean Wave, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.