PENGARUH E-SERVICE QUALITY, PRICE PERCEPTION, DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI INTERVENING VARIABEL (Studi pada Pengguna Akulaku di Purworejo)

Leni Oktafia, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Fenomena penggunaan internet yang terjadi saat ini juga mempengaruhi kebiasaan
masyarakat untuk berbelanja online. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis ritel memanfaatkannya
untuk melakukan penjualan secara online dalam memasarkan dagangannya. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh e-service quality terhadap
customer satisfaction, price perception terhadap customer satisfaction, experiential marketing
terhadap customer satisfaction, customer satisfaction terhadap repurchase intention, e-service
quality terhadap repurchase intention, price perception terhadap repurchase intention,
experiential marketing terhadap repurchase intention, e-service quality terhadap repurchase
intention yang dimediasi oleh customer satisfaction, price perception terhadap repurchase
intention yang dimediasi oleh customer satisfaction, experiential marketing berpengaruh
terhadap repurchase intention yang dimediasi oleh customer satisfaction.
Populasi pada penelitian ini adalah semua pengguna Akulaku di Kabupaten
Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 125 responden. Pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner
yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Membuktian hipotesis menggunakan analisis
hierarchical regression procedures. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka
disimpulkan : e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase
intention konsumen, price perception berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase
intention konsumen, experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
repurchase intention konsumen, e-service quality berpenggaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen, price perception berpenggaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen, experiential marketing berpenggaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase
intention konsumen, kepuasan konsumen memediasi pengaruh e-service quality terhadap
repurchase intention konsumen, kepuasan konsumen memediasi pengaruh price perception
terhadap repurchase intention konsumen, kepuasan konsumen memediasi pengaruh
experiential marketing terhadap repurchase intention konsumen.
Kata kunci : e-service quality , price perception , experiential marketing,
customer satisfaction, repurchase intention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.