PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUSPACK, DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING (Survei pada Konsumen Laris Supermarket Purworejo)

Latifatul Ma’rufah, Titin Ekowati, Dedi Runanto

Abstract


Semakin meningkatnya jumlah ritel di Indonesia, akan semakin meningkatkan
persaingan di industri ritel. Dengan banyaknya pilihan ritel sebagai tempat belanja,
konsumen kini mempunyai daya tawar yang lebih tinggi. Konsumen dapat dengan
mudah memilih ritel yang dianggap memberikan penawaran dan manfaat lebih, tidak
hanya sekedar tempat belanja semata.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh price discount, bonus pack, dan
in-store display terhadap impulse buying. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
konsumen Laris Supermarket Purworejo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai dengan skala likert. Kuesioner telah
diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS16.0 for
windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa price discount, bonus pack, dan in-store
display berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying di Laris
Purworejo.
Kata kunci: price discount, bonus pack, in-store display, impulse buying.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.