PENGARUH INFORMATION QUALITY, EASE OF USE DAN TRUST TERHADAPPURCHASE DECISION (Studi pada Konsumen Erigo di Marketplace Shopee)
Abstract
Perkembangan teknologi internet yang masif dalam beberapa tahun terakhir
memberikan dampak pada berbagai bidang, termasuk bidang perdagangan. Banyak
pelaku usaha yang awalnya berjualan dengan sistem konvensional, kini mulai tertarik
untuk membuka usaha secara online. Salah satu bentuk usaha yang menjamur di dunia
online yaitu usaha di bidang fashion. Banyaknya pelaku usaha di bidang fashion
menyebabkan munculnya persaingan. Para pelaku usaha di bidang fashion terus
melakukan berbagai upaya dalam merebut hati konsumen agar konsumen dapat
memutuskan pembelian pada produk yang dipasarkannya, atau dengan kata lain
konsumen memiliki keputusan pembelian. Terdapatbeberapa faktor yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya yaitu information quality, ease of use,
dan trust. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah, menguji
pengaruhinformation qualityterhadap purchasedecision, menguji pengaruhease of
useterhadap purchasedecision, dan menguji pengaruhtrustterhadap purchasedecision.
Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen Erigo di marketplace
Shopee.Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang diuji menggunakan uji validitas dan uji
reliabilitas.Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: information
qualityberpengaruh positif dan signifikan terhadap purchasedecision, ease of
useberpengaruh positif dan signifikan terhadap purchasedecision, trustberpengaruh
positif dan signifikan terhadap purchasedecisionpada konsumen Erigo di Marketplace
Shopee.
Kata kunci:information quality, ease of use, trust, purchase decision
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.