PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI,DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Sepatu Ventela)

Lailatus Sa’adah, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Persaingan industri sepatu lokal di Indonesia semakin ketat karena banyaknya merek
sepatu lokal yang terus bermunculan.Produsen sepatu lokal harus dapat menciptakan produk
yang berkualitas dan mempunyai nilai lebih dari produk pesaing untuk mempertahankan
pelanggannya. Loyalitas konsumen merupakan faktor penting bagi pendapatan suatu
perusahaan, karena konsumen yang loyal akan merekomendasikan produk kepada orang lain
dan akan terus membeli produk dari perusahaan tersebut. Untuk dapat memunculkan loyalitas
konsumen, pemasar harus mengetahui faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen
diantaranya adalah kualitas produk, promosi, perceived value, dan kepuasan pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, dan
perceived terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan pelanggan.
Populasi pada penelitian ini adalah pengguna sepatu Ventela.Sampel yang digunakan
sebanyak 150 responden menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala Likert.Untuk mengetahui
keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan
pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.Analisis data
menggunakan SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi, perceived value, dan
kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Kemudian kualitas produk, promosi, dan perceived valueberpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu kualitas produk, promosi, dan perceived value
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan
pelanggan, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).
Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Perceived Value, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.