PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI CITRA DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Wisata Alam Posong, Temanggung Jawa Tengah)

Anggun Permatasari Widodo, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Kekayaan alam yang melimpah menjadikan pariwisata Indonesia digemari oleh
pengunjung domestik maupun luar negeri.Hal ini menjadikan pariwisata sebagai sektor
unggulan bagi Indonesia dalam membangun ekonomi.Munculnya wisata-wisata baru saat ini,
dapat memicu persaingan pasar pariwisata yang semakin pesat dan ketat. Menghadapi hal
tersebut artinya sebuah destinasi wisata memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk
dapat menarik wisatawan agar memiliki keputusan untuk berkunjung. Social media marketing
dan word of mouth yang dilakukan wisata alam Posong dibuat semenarik dan sebaik mungkin
yang menjadikan pengunjung lebih tertarik untuk datang. Dengan social media marketing dan
word of mouth yang baik, akan tercipta citra destinasi wisata dalam diri pengunjung sehingga
dapat mendorong terjadinya keputusan berkunjung.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji (1) pengaruh social media marketing
terhadap keputusan berkunjung (2) pengaruh word of mouth terhadap keputusan berkunjun
(3) pengaruh social media marketing terhadap citra destinasi (4) pengaruh word of mouth
terhadap citra destinasi (5) pengaruh citra destinasi terhadap keputusan berkunjung (6) peran
mediasi citra destinasi pada pengaruh social media marketing terhadap keputusan berkunjung
(7) peran mediasi citra destinasi pada pengaruh word of mouth terhadap keputusan
berkunjung pada wisata alam Posong Temanggung.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung wisata alam Posong
Temanggung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive
sampling dan diperoleh sampel sebanyak 150 responden. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi
syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan hierarchical regression analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing, word of mouth dan
citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Selain itu citra destinasi juga
memediasi secara parsial social media marketing dan word of mouth terhadap keputusan
berkunjung pada wisata alam Posong Temanggung.
Kata kunci:Social Media Marketing, Word of Mouth, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.