PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
Keberhasilan organisasi tergantung pada sumber daya yang dimiliki serta bagaimana
organisasi tersebut dapat meningkatkan produktivitasnya. Masalah produktivitas kerja erat
hubunganya dengan pencapaian tujuan sebuah organisasi. Perusahaan yang memiliki karyawan
yang produktif akan membantu perusahaan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja pegawai, diantaranya
kepemimpinan dan iklim organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh kepemimpinan terhadap
produktivitas kerja (2) pengaruh iklim organisasi terhadap produktivitas kerja (3) pengaruh
kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap produktivitas kerja secara simultan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan
diperoleh sampel sebanyak 82 pegawai. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan
jawaban dinilai menggunakan skala likert. Instrumen penelitian yang digunakan sebelumnya
telah diuji cobakan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini adalah (1) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap produktivitas kerja, (2) iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
produktivitas kerja (3) kepemimpinan dan iklim organisasi berpengaruh signifikan secara
simultan terhadap produktivitas kerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Kebumen.
Kata Kunci : kepemimpinan, iklim organisasi, dan produktivitas kerja
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.