PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI ULANG DI MARKETPLACE (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee di Kota Purworejo)

Melia Dwi Permatasari, Murry Harmawan Saputra, Fitri Rahmawati

Abstract


Minat beli ulang merupakan minat pembelian yang didasarkan atas suatu pengalaman
pembelian yang telah dilakukan dimasa lalu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat beli
ulang seseorang yaitu kepuasan konsumen dan pengalaman pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara parsial pengaruh electronic word of
mouth, brand image, dan brand trust terhadap minat beli ulang di marketplace. Populasi dalam
penelitian ini adalah pengguna marketplace Shopee di Kota Purworejo. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria konsumen yang telah bertransaksi lebih
dari 2 kali sebanyak 200 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner
melalui google form yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian
menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20.0 for windows.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli ulang, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli ulang dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada
pengguna Shopee.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Brand Image dan Brand Trust.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.