PENGARUH IN-STORE PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYINGMELALUIPOSITIVEEMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Produk Fashion di Matahari department store Mall ArtosMagelang)
Abstract
Industri ritel pada pasar modern Indonesia mengalami pertumbuhan dan
berkembang pesat sehingga membuat perusahaan ritel bersaing dapat mencapai tujuan
untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Dalam usaha mencapai tujuan
tersebut, maka setiap perusahaan ritel harus mampu menarik konsumen untuk tetap
berbelanja di toko ritel, khususnya produk fashion. Strategi yang dilakukan yaitu dengan
memahami perilaku konsumen berupa impulse buying. Untuk itu, perlunya aktivitas in-store
promotion yang dapat memicu positive emotion diri konsumen sehingga akan terciptanya
impulse buying. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji (1) pengaruh in-store
promotion terhadap impulse buying(2) pengaruh in-store promotion terhadap positive
emotion(3) pengaruh positive emotion terhadap impulse buying(4) apakah positive emotion
memediasi in-store promotion terhadap impulse buying.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pada konsumen produk fashion di Matahari
department store Mall Artos Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
judgement sampling dengan sampel sebanyak 130 responden. Instrumen pengumpulan data
menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing item sudah diuji coba dan
telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Hierarchical
Regression Analysis dengan alat bantuSPSS Statistic versi 20.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa in-store promotion dan positive emotion
berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen produk fashion Matahari department
store Mall Artos Magelang. Selain itu, positive emotion juga memediasi secara parsial
pengaruh in-store promotion terhadap impulse buying pada konsumen produk fashion di
Matahari department store Mall Artos Magelang.
Kata Kunci: In-Store Promotion, Impulse Buying, Positive Emotion.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.