PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN BRAND COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Jasa Pengiriman Barang J&T Express di Kabupaten Purworejo)

Annau Rohmah Faizah, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Berkembangnya E-Commerce, menjadikan banyak merek jasa pengiriman barang baru yang bermunculan. Munculnya merek baru dalam jasa pengiriman barang, akan menimbulkan persaingan antarperusahaan dan mendorong perusahaan jasa pengiriman barang untuk mempertahankan konsumen agar tetap menggunakan merek yang sama dengan merebut perhatian konsumen melalui interaksi antara produsen dan konsumen baik melalui media sosial, iklan maupun sarana lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh brand awareness terhadap brand loyalty (2) pengaruh brand awareness terhadap brand commitment (3) pengaruh brand commitment terhadap brand loyalty (4) menguji peran brand commitment sebagai pemediasi pada pengaruh antara brand awareness terhadap brand loyalty.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua pengguna jasa pengiriman barang J&T Express di Kabupaten Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah hierarchical regression analysis dan sobel test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty (2) brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand commitment (3) brand commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty (4) brand commitment memediasi pengaruh brand awareness terhadap brand loyalty pada pengguna jasa pengiriman barang J&T Express.
Kata kunci : Brand Awareness, Brand Commitment, Brand Loyalty

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.