PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE TERHADAPGREEN REPURCHASE INTENTIONYANGDIMEDIASI OLEH GREEN TRUST (Studi pada Konsumen Tolak Angin di Yogyakarta)
Abstract
Banyaknyapemainbaru yang dipayungi oleh perusahaan-perusahaanbesarmemunculkanpersainganketat di pasar obatmasukangin. Persaingantidakhanyaberasaldariantarproduk herbal, tetapi juga denganobatkimia. Berbagaicara strategi pun dilakukan oleh para pemilikusaha agar produk herbal yang dikeluarkandikenal dan dikonsumsi oleh masyarakatluas. Terlebihlagihinggakonsumenmemilikirepurchase intention pada produk yang dipasarkan. Berkaitandengangreen product, repurchase intention disebut juga dengangreen repurchase intention. Tinggi rendahnyagreen repurchase intention pada diriseseorangtentunyadipengaruhi oleh berbagaifaktor, diantaranyayaitugreenperceived value dan greentrust. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh green perceived valueterhadap green repurchase intention, menguji pengaruh green perceived valueterhadap green trust, menguji pengaruh green trustterhadap green repurchase intention, dan menguji pengaruhgreen perceived valueterhadap green repurchase intentionmelaluigreen trustsebagaivariabelmediasi.
Desain penelitianberupapenelitiankuantitatif, denganpendekatansurvei.Populasi pada penelitian ini adalah konsumenTolakAngindi Yogyakarta. Carapengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitianinisebanyak 120 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telahdiujicobakan dan memenuhisyaratvaliditas dan reliabilitas.Pengujian hipotesis menggunakan analisishierarchical regression procedures.
Hasilpenelitian menunjukkangreen perceived valueberpengaruhpositifterhadapgreen repurchase intention pada konsumenTolakAngin di Yogyakarta, green perceived valueberpengaruhpositifterhadapgreen trust pada konsumenTolakAngin di Yogyakarta, green trustberpengaruhpositifterhadapgreen repurchase intention pada konsumenTolakAngin di Yogyakarta, dan green trustmemediasipengaruhgreen perceived valueterhadapgreen repurchase intention pada konsumenTolakAngin di Yogyakarta.
Kata kunci :green perceived value, green repurchase intention, green trust.
Desain penelitianberupapenelitiankuantitatif, denganpendekatansurvei.Populasi pada penelitian ini adalah konsumenTolakAngindi Yogyakarta. Carapengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitianinisebanyak 120 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telahdiujicobakan dan memenuhisyaratvaliditas dan reliabilitas.Pengujian hipotesis menggunakan analisishierarchical regression procedures.
Hasilpenelitian menunjukkangreen perceived valueberpengaruhpositifterhadapgreen repurchase intention pada konsumenTolakAngin di Yogyakarta, green perceived valueberpengaruhpositifterhadapgreen trust pada konsumenTolakAngin di Yogyakarta, green trustberpengaruhpositifterhadapgreen repurchase intention pada konsumenTolakAngin di Yogyakarta, dan green trustmemediasipengaruhgreen perceived valueterhadapgreen repurchase intention pada konsumenTolakAngin di Yogyakarta.
Kata kunci :green perceived value, green repurchase intention, green trust.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.