PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI PURWOREJO

Pujiatik Pujiatik, Titin Ekowati, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh pembelajaran terhadap keputusan pembelian dan (4) pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Honda di Purworejo, dan sampel yang digunakan adalah 100 responden pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan datapada penelitian ini menggunakan kuisioner yang diisi oleh pihak yang memenuhi persyaratan sampel penelitian. Kuisioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil pengujian analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan (4) sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.