PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CONSUMER PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CONSUMER ENGAGEMENT (Survei pada Toko Online Sophie Paris)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi mengubah pemasaran tradisional menjadi pemasara online yang lebih memudahkan bagi konsumen untuk berkomunikasi dengan konsumen lain dan lebih mudah untuk membeli suatu barang atau mencari sesuatu dengan cepat dimana saja dan kapan saja, sehingga sangat diperhatikan dalam pemasaran dan dapat menghasilkan consumer engagemet yang baik dan diharapkan mampu meningkatkan consumer purchase intention pada diri konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, 1) pengaruh social media marketing terhadap consumer purchase intention, 2) pengaruh social media marketing terhadap consumer engagement, 3) pengaruh consumer engagement terhadap customer purchase intention,
4) menguji peran consumer engagement memediasi pengaruh social media marketing
pada consumer purchase intention.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengikut halaman media sosial facebook Shopie Paris. Teknik pengambilan sampel mengunakan Purposive Sampling sebanyak 120 responden. Pengumpulan data mengunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban mengunakan skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah Hierarchical Regression Analysis dan untuk mendukung hasil mediasi menggunakan Sobel Test. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer purchase intention. Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer engagement. Consumer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer purchase intention. Consumer engagement memediasi pengaruh social media marketing pada consumer purchase intention secara partially mediated.
Kata kunci: Social Media Marketing, Consumer Purchase Intention, Consumer Engagemt
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.