PENGARUH GREEN BRAND POSITIONING, ATTITUDE TOWARD GREEN BRAND, DAN GREEN BRAND KNOWLEDGE TERHADAP GREEN PRODUCT PURCHASE INTENTION
Abstract
Kesadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan dapat mempengaruhi perilaku pembelian.Pengetahuan mengenai dampak konsumsi terhadap lingkungan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan green product.Hal ini menjadi tantangan besar bagi perusahaan untuk lebih berinovasi dengan menciptakan green product.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh green brand positioning terhadap green product purchase intention, (2) menguji pengaruh attitude toward green brand terhadap green product purchase intention, (3) menguji pengaruh green brand knowledge terhadap green product purchase intention.Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berniat dan tertarik untuk membeli deterjen Rinso yang berdomisili di Purworejo.Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposivesampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa green brand positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap green product purchase intention.Attitude toward green brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap green product purchase intention. Green brand knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap green product purchase intention.
Kata Kunci :green marketing, green brand positioning, attitude toward green brand, green brand knowledge, green product purchase intention.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.