Analisis Pengaruh Personality Traitsdan Website Quality terhadap Online Impulse Buying pada Pengguna Marketplace Lazada

Rokhmawati Agustia, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Kehadiran marketplace (aplikasi belanja online) di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli.com, JD.ID, Bhineka, Elevenia dan Zalora telah mengukuhkan jati diri Indonesia sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia mencapai 78 persen. Hal ini memberi peluang bagi pedagang ritel yang tertarik untuk memasarkan produknya secara online melalui marketplace. Belanja secara online menyebabkan manusia terintegrasi perilaku irasional (online impulse buying). Perspektif ini mengarah pada masa depan penjualan ritel online yang optimis akan terus tumbuh secara pesat dengan penerapan strategi impulse buying.
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh personality traits dan website quality terhadap online impulse buying pada pengguna marketplace Lazada. Objek penelitian ini adalah Lazada. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna Lazada. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah dilakukan pengujian dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa personality traits, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism, openess to new experience dan website quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap online impulse buying.
Kata Kunci:Personality Traits, Big Five Personality, Website Quality, Online Impulse Buying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.