PENGARUH ETNOSENTRISME KONSUMEN, PERCEIVED VALUE, DAN KREDIBILITAS BRAND PADA PURCHASE INTENTION (SURVEI PADA KONSUMEN SEPATU GEOFF MAX DI PURWOREJO)

Muhammad , Susi , Budiyanto, Arif Subekti, Widjajani, Budiyanto,

Abstract


Saat ini, di Indonesia konsumen lebih memilih produk luar negeri dari pada produk lokal, seperti halnya pada konsumen produk sepatu. Produsen lokal dituntut terus meningkatkan kualitas produk agar dapat bersaing dengan produk luar negeri sehingga dapat menarik purchase intention (minat beli) konsumen terhadap produk tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etnosentrisme konsumen terhadap purchase intention, menguji pengaruh perceived value terhadap purchase intention, dan menguji pengaruh kredibilitas brand terhadap purchase intention. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk sepatu Geoff Max di Purworejo. Jenis metode pengambilan sampel penelitian adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa etnosentrisme konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, dan kredibilitas brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Kesimpulan dalam penelitian ini semua hipotesis terbukti.
Kata Kunci: purchase intention, etnosentrisme konsumen, perceived value, dan kredibilitas brand.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.