PENGARUH CITRA MEREK DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK POCARI SWEAT DI KOTA PURWOREJO

Aulia,Titin, Mahendra Budi, Galih Prasetyo, Ekowati, Prasaja

Abstract


Perdagangan bebas dan globalisasi sekarang ini ditandai dengan semakin meluasnya pasar suatu produk, baik berupa barang maupun jasa yang menyebabkan persaingan bisnis antar perusahaan semakin ketat. Persaingan terjadi juga di pasar minuman isotonik di Indonesia. Persaingan diantara pelaku minuman isotonik harus diwaspadai oleh para pelaku usaha minuman isotonik, khususnya dalam hal ini pihak Pocari Sweat. Oleh sebab itu, diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar konsumen dapat memutuskan pembelian pada produk yang dipasarkan. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti citra merek, dan pengetahuan produk. Penelitian ini disusun untuk tujuan sebagai berikut: 1) menguji pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, 2) menguji pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah individu yang telah melakukan pembelian Pocari Sweat di Purworejo. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden. Pengumpulan data jmenggunakan kuesioner dengan pilihan jawaban model Likert Scale, yang telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa: 1) citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 2) pengetahuan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : citra merek, pengetahuan produk, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.