PENGARUHBRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada Konsumen Wardah Kosmetik di Kabupaten Purworejo)

Nada Sulistika

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer bagi wanita. Sehingga, perusahaan kosmetik harus bersaing mengenai brand image. Karena pada zaman sekarang yang sudah modern terdapat banyak persaingan produk kosmetik, maka dari itu dengan meningkatkan kualitas seperti dengan membuat tampilan yang menarik, bahan-bahan yang digunakan berkualitas akan meningkatkan persepsi atau kesan konsumen yang baik terhadap produk. Selain itu konsumen juga mempertimbangkan brand awareness dan perceived quality yang digunakan perusahaan dalam meningkatkan brand loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara (1) brand awareness terhadap brand image (2) perceived quality terhadap brand image (3) brand awareness terhadap brand loyalty (4) perceived quality terhadap brand loyalty (5) brand image terhadap brand loyalty (6) brand image memediasi pengaruh brand awareness terhadap brand loyalty (7) brand image memediasi pengaruh perceived quality terhadap brand loyalty.
Populasi penelitian ini adalah konsumen Wardah Kosmetik di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan hierarchical regression analysis.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) brand awareness berpengaruh positif terhadap brand image, 2) perceived quality berpengaruh positif terhadap brand image, 3) brand awareness berpengaruh positif terhadap brand loyalty, 4) perceived quality berpengaruh positif terhadap brand loyalty, 5) brand image berpengaruh positif terhadap brand loyalty, 6) brand image dapat memediasi pengaruh brand awareness terhadap brand loyalty, 7) brand image dapat memediasi pengaruh perceived quality terhadap brand loyalty.
Kata Kunci: Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Image, Brand Loyalty.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.