PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI OVO (Studi pada Masyarakat di Purworejo)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju telah membawa perubahan besar khususnya pada alat pembayaran uang elektronik. Pembayaran nontunai semakin maju di era globalisasi ini. Banyak produk-produk finansial teknologi berupa e-money. Minat konsumen sangatlah penting bagi konsumen dimana minat yang tinggi akan suatu produk akan memungkinkan pengguna melakukan transaksi, sehingga meningkatkan provit perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan, 2) pengaruh persepsi manfaat terhadap minat menggunakan, 3) pengaruh persepsi keamanan terhadap minat menggunakan, 4) pengaruh kepercayaan terhadap minat menggunakan.
Objek penelitian ini adalah aplikasi OVO. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berminat menggunakan aplikasi OVO di Purworejo. Sampel dan penelitian ini Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi keamanan, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi OVO.
Kata kunci : persepsi penggunaan, persepsi manfaat, persepsi keamanan, kepercayaan, dan minat menggunakan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.