PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, CITRA MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP MINAT BELI

Muhammad Setiyo

Abstract


Pengaruh era globalisasi menjadi salah satu tolak ukur penentu berkembangnya industri pemasaran, salah satunya dibidang kendaraan ringan (sepeda motor). Hal tersebut dapat kita rasakan persaingannya antara merek sepeda motor, yang salah satunya dari negara Jepang. Ketatnya persaingan para produsen kendaraan ringan (sepeda motor) di Indonesia, mendorong perusahaan tersebut untuk selalu mendapatkan pangsa pasar agar dapat terus meningkatkan laba perusahaan, terlebih lagi perusahaan sepeda motor yang berada di Indonesia itu sendiri berasal dari satu negara yang sama, tentunya dengan keadaan tersebut pihak produsen diharuskan untuk membuat atau menciptakan perbedaan (ciri khas) agar produknya dapat diterima dan mudah diingat oleh para konsumennya, hal ini dilakukan untuk menarik perhatian dari calon konsumen dengan memberikan informasi yang baik agar terbentuk image yang baik dan kuat sehingga pada akhirnya akan menimbulkan minat beli konsumen. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh country of origin, citra merek, dan persepsi kualitas terhadap minat beli secara parsial.
Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui tentang produk sepeda motor Genio di Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reabilitas. Pengujian dilakukan dengan regresi linier berganda dengan program SPSS 16.0.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa country of origin, citra merek dan persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli motor Genio di Purworejo secara parsial.
Kata kunci: country of origin, citra merek, persepsi kualitas, minat beli.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.