PENGARUH KEMASAN, HARGA DAN BRAND AWARENESS TERHADAP BRAND LOYALTY (Studi pada Konsumen Yakult di Purworejo)
Abstract
Dicky Triananda. “Pengaruh Kemasan, Harga, Brand Awareness terhadap Brand Loyalty (Studi pada Konsumen Yakult di Purworejo)”. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2020.
Perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia semakin meningkat ditandai dengan munculnya berbagai perusahaan. Dalam menghadapi persaingan pasar yang ada, perusahaan harus mampu menciptakan produk yang memiliki suatu identitas tersendiri, nilai kegunaan dan kualitas produk sehingga mampu membuat konsumen merasa puas, hal ini menjadi kekuatan bagi perusahaan untuk menciptakan loyalitas konsumen terhadap suatu merek. selain itu, konsumen akan mempertimbangkan kemasan, harga dan brand awareness yang digunakan oleh perusahaan dalam mempengaruhi brand loyalty. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menciptakan strategi untuk mempengaruhi brand loyalty dengan menggunakan kemasan, harga dan brand awareness.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) kemasan terhadap brand loyalty (2) harga terhadap brand loyalty (3) brand awareness terhadap brand loyalty. Populasi penelitian ini adalah konsumen di Purworejo, Sampel penelitian ini berjumlah 130 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah di uji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotsis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dibantu alat bantu program SPSS 16.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kemasan berpengaruh positif terhadap brand loyalty, harga berpengaruh positif terhadap brand loyalty, dan brand awareness berpengaruh positif terhadap brand loyalty.
Kata kunci : Kemasan, Harga, Brand Awareness, Brand Loyalty.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.