Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Bukit Seribu Besek
Abstract
Sektor pariwisata merupakan sektor yang menjadi primadona dan layak dikembangkan di Indonesia. Kondisi alam dan letak geografis Indonesia merupakan faktor utama semakin berkembangnya sektor pariwisata. Pariwisata merupakan suatu industri yang bergerak dibidang jasa. Objek wisata merupakan produk jasa yang ditawarkan suatu perusahaan jasa dengan harapan agar konsumen datang untuk berkunjung dan menikmati objek wisata yang ditawarkan. Diharapkan produk jasa yang yang ditawarkan dapat menimbulkan keputusan bagi konsumen yang ingin berkunjung. Perusahaan di bidang pariwisata terus melakukan berbagai upaya dalam meraih konsumen agar konsumen memutuskan untuk berkunjung, diantaranya dengan memberikan atribut produk wisata yang baik, karena atribut produk wisata memiliki peranan yang sangat penting terhadap keberlangsungan objek wisata. Objek wisata Bukit Seribu Besek dihadapkan persaingan dalam meraih pengunjung. Terdapat berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi keputusan berkunjung diantaranya yaitu atribut produk wisata dan electronic word of mouth (e-WOM). Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh atribut produk wisata terhadap keputusan berkunjung dan 2) pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan berkunjung.
Populasi penelitian ini adalah individu yang pernah melakukan kunjungan wisatawan di Bukit Seribu Besek Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) atribut produk wisata berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung dan 2) electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung.
Kata Kunci : Atribut Produk Wisata, Electronic Word of Mouth (e-WOM), Keputusan Berkunjung
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.