PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN VARIETY SEEKING SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Muhammad Qolil Fatah, Endah Pri Ariningsih, Wijayanti Wijayanti

Abstract


ABSTRAK

 

 

Mi instan telah menjadi makanan yang paling digemari di Indonesia. Banyaknya produsen mi instan dengan berbagai merek produk yang dipasarkan tentunya dapat menyebabkan persaingan dalam merebutkan konsumen yang ada, sehingga para produsen mi instan harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam meraih konsumen, terlebih dapat meningkatkan loyalitas pada diri konsumen. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: menguji pengaruh perceived value terhadap loyalitas, menguji pengaruh kepuasan terhadap loyalitas, dan menguji variety seeking dalam memoderasi pengaruh kepuasan terhadap loyalitas.

Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua konsumen Indomie Hype Abis Mi Goreng Ayam Geprek di kota Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh perceived value dan kepuasan terhadap loyalitas dengan variety seeking sebagai variabel moderasi dapat disimpulkan bahwa, perceived value berpengaruh positif terhadap loyalitas pada konsumen Indomie Hype Abis Mi Goreng Ayam Geprek di Kota Purworejo, kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas pada konsumen Indomie Hype Abis Mi Goreng Ayam Geprek di Kota Purworejo, dan variety seeking memoderasi pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pada konsumen Indomie Hype Abis Mi Goreng Ayam Geprek di Kota Purworejo.

Kata kunci : perceived value, kepuasan, loyalitas, variety seeking

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.