Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Emina Kosmetik Di Purworejo
Abstract
ABSTRAK
Kehidupan modern menawarkan kemudahan dan kepraktisan untuk menunjang penampilan, salah satunya adalah pemakaian produk perawatan atau kosmetik. Emina hadir sebagai brand yang menyajikan rangkaian produk perawatan dan kecantikan. Sekarang ini banyak konsumen yang cerdas dalam memilih produk kosmetik yang akan dibeli. Konsumen akan mencari referensi dari orang lain sebagai dasar pembanding sebelum melakukan pembelian kosmetik untuk mengetahui apakah produk kosmetik yang digunakan aman atau tidak ketika digunakan. Terdapat tiga macam pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu: pengaruh normatif, pengaruh ekspresi nilai, dan pengaruh informatif.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh normatif terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh ekspresi nilai terhadap keputusan pembelian. 3) pengaruh informatif terhadap keputusan pembelian. 4) pengaruh normatif, pengaruh ekspresi nilai, dan pengaruh informatif secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Emina Kosmetik di Purworejo. Teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16.0 for Windows.
Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa variabel pengaruh normatif, pengaruh ekspresi nilai dan pengaruh informatif berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: pengaruh normatif, pengaruh ekspresi nilai, pengaruh informatif, keputusan pembelianFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.