PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo)

muhammad dimas prabowo, Titin Ekowati, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Internet, bukanlah hal asing bagi masyarakat Indonesia. Berbagai generasi sudah mengenalnya dan sebagian besar mampu menggunakanya. Perusahaan Startup atau e-commerce di Indonesia terus berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan dalam merebut pangsa pasar seiring meningkatnya penggunaan internet di Indonesia. Para pelaku bisnis terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keputusan pembelian secara online, diantaranya dengan menguatkan kepercayaan dan memberikan kemudahan.  Persaingan ini terjadi karena setiap perusahaan yang sejenis ingin menarik dan mempertahankan kepercayaan dan memberikan kemudahan pada konsumenya sehingga harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen di era digital. Terdapat berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya kepercayaan dan kemudahan bagi konsumen. Keunggulan kepercayaan dan kemudahan menjadi salah satu aspek penting dalam bisnis e-commerce yang mempengaruhi konsumen dalam setiap pengambilan keputusan pembelian.  Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.  Kata Kunci: pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.