PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ELZATTA HIJAB (Studi pada Konsumen di Kebumen)

ANDIKA PANGESTU, Endah Pri Ariningsih, Wijayanti Wijayanti

Abstract


Persaingan usaha dibidang fashion yang semakin ketat menjadi tantangan dan ancaman bagi pelaku usaha untuk dapat memenangkan persaingan dalam merebut pasar serta mempertahankan pasar yang dimiliki dari pesaing. Salah satu persaingan usaha bidang fashion terjadi di retail busana muslim. Para pelaku usaha di bidang retail busana muslim terus melakukan berbagai upaya dalam merebut hati konsumen agar konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian pada produk yang dijual. Pada saat seorang individu melakukan pembelian maka terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya yaitu celebrity endorser dan word of mouth. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, dan menguji pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian.

Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk busana muslim Elzatta Hijab di Kebumen. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen Elzatta Hijab di Kebumen, dan word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen Elzatta Hijab di Kebumen.

 

Kata kunci : celebrity endorser, word of mouth, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.