PENGARUH LIFESTYLE, VARIETY SEEKING, TRUST DAN PROMOTION TERHADAP BRAND SWITCHING (Studi pada Konsumen Vivo di Purworejo)
Abstract
Banyaknya merek smartphone di pasaran dapat menimbulkan persaingan dalam memperebutkan konsumen. Oleh sebab itu, pihak Vivo harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dengan tujuan agar produknya terjual di pasaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pihak Vivo yaitu harus memiliki strategi agar konsumen memiliki brand switching pada produk yang dipasarkan. Brand switching sebagai bentuk dari keputusan pembeli dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lifestyle, variety seeking, trust, dan promotion.
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh lifestyle terhadap brand switching, menguji pengaruh variety seeking terhadap brand switching, menguji pengaruh trust terhadap brand switching, dan menguji pengaruh promotion terhadap brand switching. Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen Vivo di Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Metode pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lifestyle berpengaruh positif terhadap brand switching pada konsumen Vivo di Purworejo, variety seeking berpengaruh positif terhadap brand switching pada konsumen Vivo di Purworejo, trust berpengaruh positif terhadap brand switching pada konsumen Vivo di Purworejo, dan promotion berpengaruh positif terhadap brand switching pada konsumen Vivo di Purworejo.
Kata kunci : lifestyle, variety seeking, trust, promotion, brand switching
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.