PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS (Studi pada Pengguna Jasa Kantor Pos di Purworejo)

Afwan Rahman

Abstract


Persaingan usaha di bidang industri jasa pengiriman uang dan barang saat ini tidak dapat dihindari. Para pelaku usaha di bidang industri jasa pengiriman uang dan barang, baik itu milik pemerintah maupun swasta terus melakukan berbagai upaya agar pelanggan memiliki loyalitas tinggi. Tinggi rendahnya loyalitas dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji: pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas, pengaruh harga terhadap loyalitas, dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua pengguna jasa Kantor Pos di Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah valid dan reliabel.Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pada pengguna jasa Kantor Pos di Purworejo, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pada pengguna jasa Kantor Pos di Purworejo, serta kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pada pengguna jasa Kantor Pos di Purworejo.
Kata kunci : kualitas pelayanan, harga, kepuasan, loyalitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.