PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP PERCAYA DIRI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA BeAT
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis tidak dapat dielakkan oleh para produsen.
Banyaknya produsen yang menjalankan usaha pada suatu produk yang sama
menjadikan persaingan tersebut menjadi kian kompetitif. Perusahaan yang ingin tetap
bertahan dan melangkah lebih maju sangat perlu untuk mengetahui kondisi ekuitas
merek produknya. Pada penelitian ini, objek penelitian akan difokuskan pada sepeda
motor merek Honda BeAT. Tujuan penelitian ini, yaitu menguji pengaruh loyalitas
merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek baik secara parsial
maupun secara bersama-sama terhadap percaya diri konsumen.
Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen sepeda motor Honda BeAT
di Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan
sampel sebanyak 150 orang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) loyalitas merek berpengaruh positif
terhadap percaya diri konsumen, 2) kesadaran merek berpengaruh positif terhadap
percaya diri konsumen, 3) persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap percaya diri
konsumen, 4) asosiasi merek berpengaruh positif terhadap percaya diri konsumen, 5)
loyalitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek secara bersamasama
berpengaruh positif terhadap percaya diri konsumen.
Kata kunci : loyalitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek,
percaya diri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.