PENGARUH SALES PROMOTION DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Mirota Kampus di Yogyakarta)

Ratih Widayanti

Abstract


Saat ini, dengan banyaknya tempat berbelanja tentunya dapat memberi keuntungan bagi konsumen untuk melakukan pembelian karena konsumen dapat menentukan pilihan tempat untuk berbelanja. Namun, di sisi lain banyaknya tempat belanja dapat memicu persaingan diantara sesama pelaku retail dalam meraih konsumen. Persaingan tersebut dapat dilihat dari adanya persaingan dalam penawaran harga, pemberian potongan harga, hadiah, dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya berbagai promosi yang ditawarkan tersebut maka sedikit banyak dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya sales promotion dan personal selling. Personal selling dan sales promotion sangat membantu dalam menutup penjualan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: menguji pengaruh sales promotion terhadap keputusan pembelian, dan menguji pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian.
Populasi pada penelitian ini adalah individu yang pernah melakukan pembelian di Mirota Kampus Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pilihan jawaban model Likert Scale, yang telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa: 1) sales promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 2) personal selling berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : sales promotion, personal selling, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.