PENGARUH GREEN PRODUCT QUALITY, DAN GREEN CORPORATE IMAGE, TERHADAP GREEN CUSTOMER LOYALTY DIMEDIASI GREEN CUSTOMER SATISFACTION (Studi pada Konsumen Lemari Es Panasonic Type Alowa Plus)
Abstract
Isu pencemaran lingkungan seperti penipisan lapisan ozon, pencemaran udara, dan sampah plastik menjadi perhatian dunia saat ini. Sehingga, banyak perusahaan yang bersaing dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan produk yang berkualitas serta ramah lingkungan. Kini, konsumen dalam menggunakan suatu produk sangat memperhatikan kualitas serta kelangsungan lingkungan. Selain itu, perusahaan yang mempunyai reputasi dalam menjaga kelestarian lingkungan juga menjadi pertimbangan.
Populasi penelitian ini adalah konsumen di Purworejo yang membeli lemari es Panasinic Alowa Plus. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah hierarchial reggression analyisis.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa green product quality, green corporate image, dan green customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap green customer loyalty. Selain itu, green product quality, dan green corporate image, berpengaruh positif dan signifikan terhadap green customer satisfaction. Serta, green customer satisfaction memediasi pengaruh green product quality, dan green corporate image terhadap green customer loyalty.
Kata kunci: Green Product Quality, Green Corporate Image, Green Customer Satisfaction, Green Customer Loyalty.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.