PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen Sepatu Rajut di Hamzah Batik Yogyakarta)

Rizki Chisapatul Laeli

Abstract


Bisnis ritel merupakan bisnis yang sangat berkembang pesat saat ini. Dalam kompetisi tersebut, setiap perusahaan ritel saling bersaing untuk mempertahankan konsumen yang selama ini menggunakan produk atau jasa mereka. Setiap perusahaan berusaha lebih unggul dibanding perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang sejenis agar mampu menguasai pasar. Keunggulan diferensiasi menjadi salah salah satu aspek unik dalam suatu organisasi yang mempengaruhi target konsumen menjadi pelanggan setia perusahaan dibandingkan dengan pesaing lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Diferensiasi Produk, Diferensiasi Pelayanan, Diferensiasi Personalia, dan Diferensiasi Citra Terhadap Kepuasan Konsmen. Populasi penelitian ini adalah konsumen sepatu rajut di Hamzah Batik Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 120 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Hasil analisis regresi linier berganda yang diuji secara persial menunjukkan bahwa diferensiasi produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, diferensiasi pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, diferensiasi personalia berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, dan diferensiasi citra berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci: pengaruh diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan, diferensiasi personalia diferensiasi citra, dan kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.