PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Cozy Coffee Corner di Purworejo)
Abstract
Saat ini, bisnis usaha tempat minum kopi (kafe) mulai merambah ke berbagai pelosok kota, salah satunya di kota Purworejo. Banyaknya kafe memberikan keuntungan bagi konsumen dalam menentukan pilihan tempat yang disukai untuk memenuhi kebutuhannya. Tetapi disisi lain, dengan banyaknya kafe tentunya dapat menyebabkan persaingan dalam memperebutkan konsumen. Oleh sebab itu, para pelaku usaha kafe harus mampu memahami faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diantaranya harga, kualitas produk, dan lokasi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, dan menguji pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Cozy Coffee Corner di Purworejo. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 120 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, mengenai pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian, dapat disimpulkan bahwa, harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, keseluruhan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci : harga, kualitas produk, lokasi, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.