PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI YANG BERDAMPAK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI RITA PASAR RAYA KEBUMEN
Abstract
Felly Nurlindasari, Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Konsumen di Rita Pasar Raya Kebumen. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh Word of Mouth terhadap keputusan pembelian di Rita Pasar Raya Kebumen; (2) pengaruh Word of Mouth terhadap minat beli di Rita Pasar Raya Kebumen; (3) pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian di Rita Pasar Raya Kebumen; (4) pengaruh Word of Mouth terhadap keputusan pembelian melalui minat beli di Rita Pasar Raya Kebumen.
Populasi penelitian ini adalah konsumen di Rita Pasar Raya Kebumen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan menggunakan skala Likert yang masing-masing telah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Hierartichical Regression Analysis.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada saat minat beli diregresikan secara bersama-sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat beli memediasi secara parsial yang artinya ada atau tidaknya variabel mediasi (minat beli) hubungan antara variabel Word of Mouth (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) tetap dapat dijelaskan secara langsung.
Kata kunci: word of mouth, minat beli, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.