PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Alfamart di Kabupaten Purworejo)
Abstract
Dunia bisnis terus berkembang pesat sejalan dengan kemajuan era revolusi industri 4.0. Salah satu yang mengalami pertumbuhan adalah industri ritel. Ketatnya persaingan bisnis ritel membat perusahaan menerapkan konsep bauran pemasaran agar membuat konsumen memutuskan untuk membeli di tempat tersebut guna merebut pangsa pasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Alfamart yang berdomisili di Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 120. Kriteria sampel pada penelitian ini yaitu konsumen Alfamart, berusia minimal 18 tahun karena dianggap sudah layak dalam pengisian kuesioner. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembellian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.