PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, EMOTIONAL BRANDING, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi pada Konsumen Telkomsel di Purworejo)
Abstract
Salah satu bidang industri yang berkembang pesat saat ini yaitu bidang telekomunikasi. Telekomunikasi erat kaitan nya dengan operator seluler. Operator seluler saat ini berlomba-lomba untuk menarik minat konsumen dan mempertahankan konsumen nya agar tidak beralih pada pesaing nya. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki upaya agar konsumen tetap setia di tengah persaingan yang semakin kompetitif dengan membangun loyalitas merek melalui experiential marketing, emotional branding, dan citra merek.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh experiential marketing, emotional branding, dan citra merek terhadap loyalitas merek. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Telkomsel di Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik Judgement sampling dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terisi dan terjawab lengkap, jawaban dinilai dengan menggunakan skala likert yang sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Hasil analisis regresi linear berganda yang diuji secara parsial menunjukan bahwa experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, emotional branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.
Kata kunci : experiential marketing, emotional branding, citra merek, loyalitas merek.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.