PENGARUH BRAND LOVE, EXCITEMENT DAN BRAND IMAGE TERHADAP WORD OF MOUTH (Studi pada Konsumen iPhone di Yogyakarta)
Abstract
Teknologi komunikasi di Indonesia saat ini semakin canggih, termasuk penggunaan smartphone dikalangan masyarakat. Kebutuhan smartphone telah menjadi kebutuhan gaya hidup yang dianggap penting dan digemari bagi masyarakat modern. Ketika konsumen telah memakai suatu produk dan merasa puas, secara otomatis akan menceritakan dan merekomendasikan kepada orang lain atau word of mouth. Selain itu, konsumen akan mempertimbangkan brand love, excitement, dan brand image yang digunakan oleh perusahaan dalam mempengaruhi word of mouth. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menciptakan strategi untuk mempengaruhi word of mouth dengan menggunakan brand love, excitement, dan brand image.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) excitement terhadap brand love (2) excitement terhadap brand image (3) brand love terhadap word of mouth (4) brand image terhadap word of mouth (5) brand image terhadap brand love (6) excitement terhadap word of mouth. Populasi penelitian ini adalah konsumen di Yogyakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 130 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotsis penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dari Software statistik 21.0.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa excitement berpengaruh positif terhadap brand love, brand image dan word of mouth, brand love berpengaruh positif terhadap word of mouth dan brand image berpengaruh positif terhadap brand love dan word of mouth.
Kata kunci : Brand Love, Excitement, Brand Image, Word of Mouth
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.