PENGARUH STRES KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi pada Karyawan Marketing Dealer Sumber Hasil Abadi Gombong)

Tri Mardianto

Abstract


Kepuasan kerja dalam organisasi atau perusahaan merupakan salah satu hal
yang banyak membawa manfaat bagi kepentingan individu, industri, dan masyarakat.
Tingkat kepuasan kerja pada diri setiap individu berbeda-beda, karena kepuasan kerja
dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya stres dan beban kerja. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk menguji: 1) pengaruh stres kerja terhadap kepuasan
kerja karyawan marketing Dealer Sumber Hasil Abadi Gombong, dan 2) pengaruh beban
kerja terhadap kepuasan kerja karyawan marketing Dealer Sumber Hasil Abadi
Gombong.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi yaitu karyawan bagian marketing
Dealer Sumber Hasil Abadi Gombong sebanyak 35 orang, yang seluruhnya dijadikan
sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi sendiri
oleh responden berdasarkan persepsinya yang berkaitan dengan stres kerja, beban
kerja, dan kepuasan kerja. Berdasarkan uji coba kuesioner, seluruh butir pernyataan
dalam kuesioner terbukti valid dan reliabel. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan
analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa stres
kerja berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja, dan beban kerja berpengaruh
negatif terhadap kepuasan kerja.
Kata kunci : stres kerja, beban kerja, dan kepuasan kerja.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.