PENGARUH PERBANDINGAN BRAND EQUITY PRODUK SMARTPHONE OPPO DENGAN XIAOMI DI KOTA PURWOREJO

Bimo Setyo Wicaksono

Abstract


Kemajuan perkembangan teknologi didunia semakin pesat. Salah satu perkembangan teknologi tertinggi adalah ponsel pintar (smartphone). Pesatnya pertumbuhan pengguna smartphone diseluruh dunia sudah tidak dapat dihentikan, karena sudah menjadi suatu kebutuhan. Berbagai jenis perusahaan smartphone bersaing dengan ketat dalam merebut pangsa pasar dengan membangun ekuitas mereknya (brand equity). Perusahaan teknologi smartphone dengan nilai merek tertinggi di Asia adalah Oppo dan Xiaomi. Penelitian bertujuan untuk membandingan brand equity Oppo dan Xiaomi di Purworejo, melalui dimensi utama pembentuk brand equity yaitu kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyalty). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling kepada 120 responden pengguna smartphone Oppo dan/atau Xiaomi di Kota Purworejo. Metode penelitian menggunakan Uji beda t-test dengan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pada kedua merek, Oppo unggul pada brand awareness, brand association, perceived quality dan Xiaomi unggul pada brand loyalty.
Kata kunci : Brand Equity, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.