PENGARUH PENERAPAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN ISLAM TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (Studi pada Pengusaha Muslim Kuliner di Kabupaten Purworejo)

Angger Lintang Sari

Abstract


Islam memandang aktivitas ekonomi secara positif.Semakin banyak manusia terlibat dalam aktivitas ekonomi maka semakin baik, sepanjang tujuan dari prosesnya sesuai dengan ajaran Islam.Menjadi wirausaha adalah solusi atas permasalahan perekonomian umat Islam, khususnya tingginya pengangguran.Islam memiliki nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang pada dirinya melekat sikap kepemimpinan.Ia harus mengarahkan sumber daya manusia di sekelilingnya untuk mencapai tujuan bisnisnya secara efektif dan efisien. Sikap kepemimpinan yang berlandaskan nilai-nilai Islam akan menjadi kekuatan bagi dirinya dalam mengembangkan bisnis.
Tujuan penelitian ini diantaranya; menguji pengaruh nilai kewirausahaan siddiq terhadap keberhasilan usaha, menguji nilai kewirausahaan amanah terhadap keberhasilan usaha, menguji nilai kewirausahaan fathanah terhadap keberhasilan usaha dan menguji nilai kewirausahaan tabligh terhadap keberhasilan usaha.
Populasi pada penelitian ini adalah pengusaha muslim kuliner di Kabupaten Purworejo, yaitu 120 orang.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai kewirausahaan siddiq, amanah, fathanah dan tabligh berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siddiq, amanah, fathanah, dan tabligh secara signifikan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan usaha.
Kata Kunci: Siddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh, dan Keberhasilan Usaha


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.