PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE (Studi pada Pengunjung Sevensky di Rooftop Lippo Plaza Jogja)
Abstract
Seven Sky merupakan tempat nongkrong pertama di Jogja yang mengusung konsep outdoor di rooftop dan sedang banyak diperbincangkan terutama melalui instagram, dimana instagram menjadi salah satu contoh electronic word of mouth yang konsepnya berupa opini mengenai suatu produk atau perusahaan yang diutarakan secara aktual oleh konsumen melalui media sosial yang dapat berupa ulasan positif maupun negatif, sehingga dapat mempengaruhi pandangan calon konsumen terhadap brand image dan purchase intention suatu produk. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk menguji pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image pada pengunjung Sevensky di Rooftop Lippo Plaza Jogja.
Populasi penelitian ini adalah pengunjung Sevensky di Rooftop Lippo Plaza Jogja dengan sampel berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling (purposive sampling). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisi data menggunakan hierarchial regression analysis.
Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap purchase intention, variabel electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap brand image, variabel brand image berpengaruh positif terhadap purchase intention, dan electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap purchase intention dengan dimediasi oleh brand image.
Kata kunci : electronic word of mouth, purchase intention, brand image
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.