PENGARUH PRICE FAIRNESS DAN SERVICE FAIRNESS TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION (Survei pada Penumpang GrabBike di Yogyakarta)
Abstract
Jasa layanan transportasi menggunakan Ojek Online mulai mengalami pertumbuhan yang sangat pesat yang mengharuskan perusahaan untuk terus melakukan berbagai macam strategi dalam menciptakan kepuasan terhadap pelanggan. Berbagai strategi yang dapat dilakukan agar terciptanya kepuasan yaitu dengan mengembangkan price fairness dan service fairness. Oleh sebab itu, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh price fairness dan service fairness terhadap customer satisfaction GrabBike di Yogyakarta, secara parsial dan simultan.Populasi penelitian ini adalah pelanggan GrabBike di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda.Hasil regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel price fairness dan service fairness berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction GrabBike Yogyakarta.
Kata kunci: price fairness, service fairness, customer satisfaction
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.