PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION ONLINE

Maghfiratul Ula

Abstract


Kemudahan penggunaan teknologi komputer dan gadget yang didukung oleh
kemajuan internet menyebabkan kemudahan dalam bertransaksi melalui situs pembelanjaan
yang berbasis web, yang sering disebut sebagai toko online. Berbelanja secara online kini
semakin diminati dan telah menjadi life style (gaya hidup) masyarakat saat ini. Produk yang
paling banyak dibeli melalui situs‐situs belanja online adalah fashion. Fashion termasuk salah
satu hal yang sangat di perhatikan oleh seseorang karena fashion bisa menunjukan status
sosial seseorang untuk meningkatkan gengsi mereka di lingkungan pergaulannya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji pengaruh activity terhadap keputusan
pembelian produk fashion online, 2) menguji pengaruh interest terhadap keputusan pembelian
produk fashion online, 3) menguji pengaruh opinion terhadap keputusan pembelian produk
fashion online.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen produk fashion online di
Purworejo, sedang sampel yang digunakan adalah 150 responden dengan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh pihak
yang memenuhi persyaratan sampel penelitian. Kuesioner telah diujicobakan dan telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi berganda dan
pengujian hipotesis.
Hasil analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
activity, interest dan opinion, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian secara parsial.
Kata Kunci: gaya hidup, activity, interest, opinion dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.