PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen Restoran Bong Kopitown Yogyakarta)
Abstract
Bisnis kuliner saat ini semakin ketat namun memiliki potensi berkembang yang cukup besar. Hal ini menjadi peluang bagi pengusaha untuk berkompetisi menjaring konsumen dengan cara menciptakan produk yang beragam, berkualitas serta membuat pelayanan dan fasilitas yang terbaik untuk para pelanggan. Banyaknya persaingan usaha kuliner sekarang ini menjadikan para pemilik usaha mencari setrategi untuk dapat menarik pelanggan datang dan merasakan kepuasan dari produk yang ditawarkan. Dengan cara menggunakan strategi experiential marketing untuk menyentuh hati pelanggan, sehingga akan menghasilkan kepuasan konsumen dan secara tidak langsung akan mempengaruhi loyalitas konsumen kedepannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen, 2) Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen, 3) Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, 4) Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Restoran Bong Kopitown Yogyakarta.Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden.Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukurmenggunakan skala Likertdan telah diujicobakan serta memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Metode analisis yang digunakan adalah hierarchical regression analysis.
Kesimpulan: Experiential marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Experiential marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.Kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen memediasi pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen secara partially mediated
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.