PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI CINEMA XXI YOGYAKARTA
Abstract
Persaingan diantara para pelaku usaha dalam meraih konsumen semakin tidak dapat dihindari. Persaingan tersebut juga terjadi pada pelaku usaha yang bergerak di tempat hiburan, seperti café, water park, bioskop, dan sebagainya. Banyaknya tempat hiburan tersebut tentunya mendatangkan manfaat bagi konsumen, yaitu konsumen memiliki berbagai macam pilihan tempat untuk dikunjungi sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Namun disisi lain, banyaknya tempat hiburan tersebut juga dapat menimbulkan persaingan diantara sesama pengelola tempat hiburan yang menyebabkan pihak pengelola harus selalu sigap menghadapi persaingan dalam memperebutkan konsumen, sehingga pengelola tempat hiburan perlu menentukan strategi pemasaran yang tepat agar konsumen tertarik dan memutuskan untuk berkunjung ke tempat hiburan yang disediakan. Keputusan berkunjung, atau dalam ranah pemasaran dikenal dengan keputusan pembelian, dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya faktor psikologis konsumen seperti motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan berkunjung di Cinema XXI Yogyakarta.
Populasi penelitian ini adalah semua pengunjung Cinema XXI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode sampel non probabilitas dengan teknik purposive sampling sebanyak 130 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah diujicoba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui (1) motivasi berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, (2) persepsi berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, (3) pembelajaran berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, (4) keyakinan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, (5) sikap berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, (6) motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung.
Kata kunci : motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, sikap, keputusan berkunjung
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.