PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASEINTENTION DENGANSTORE IMAGE SEBAGAIVARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengunjung Super Indo di Yogyakarta)

Febry Irawan

Abstract


Saat ini, hampir di setiap kota dapat ditemukan adanya ritel modern yang
senantiasa siap melayani kebutuhan masyarakat. Keberadaan ritel modern tersebut
tentunya dapat mempermudah masyarakat sebagai konsumen untuk memenuhi
berbagai kebutuhannya, tetapi pada sisi lainnya dengan banyaknya ritel modern
tentunya dapat menyebabkan persaingan diantara sesama peritel dalam meraih
konsumen. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai strategi agar ritel modern yang dikelola
dapat terus bertahan dan masyarakat sebagai konsumen tetap memiliki minat untuk
berbelanja (purchase intention) di ritel yang dimaksud.Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk menguji: 1) pengaruh word of mouth terhadap
purchase intention, 2) pengaruh word of mouth terhadap store image, 3) pengaruh store
image terhadap purchase intention, dan 4) pengaruh store image sebagai variabel
interveningantara word of mouth terhadap purchase intention.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengunjungSuper Indo di
Yogyakarta. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan
jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Pengumpulan data menggunakan
kuesionerdengan pilihan jawaban model Likert Scaleyang telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Sedangkan, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1)
wordof mouth berpengaruh positif terhadap purchase intention, 2) wordof mouth
berpengaruh positif terhadap store image, 3) storeimage berpengaruh positif terhadap
purchase intention, 4) storeimage memediasi parsialword of mouthpada purchase
intention.
Kata kunci : word of mouth, store image, purchase intention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.