ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DI SMK NEGERI KOTA SURAKARTA

RIDWAN EFFENDI EFFENDI, SOETARNO SOETARNO JOYOATMOJO, DYAH SULISTYANINGRUM SULISTYANINGRUM

Abstract


Abstrak; Permasalahan yang melandasi penelitian ini adalah adanya program prakerin yang menyebabkan siswa tidak mempunyai waktu maksimal dalam memperoleh pembelajaran di sekolah serta kurangnya pemanfaatan fasillitas internet oleh guru dan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bisnis online. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang analisis kebutuhan media e-learning pada mata pelajaran bisnis online di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan survey kepada responden. Subjek penelitian adalah informan yang memberikan data penelitian melalui survei dan wawancara. Informan penelitian terdiri dari 195 siswa dan 6 guru pengampu mata pelajaran bisnis online di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) kota Surakarta. Hasil penelitian bahwa media  e-learning sangat dibutuhkan, dengan format e-learning yang dibutuhkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, materi pembelajaran, video pembelajaran, forum diskusi dan intrumen penilaian. Impikasi pada penelitian selanjutan yaitu mengembangkan media e-learning untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh khususnya pada siswa yang melaksanakan prakerin.

 

Kata Kunci: e-learning, analisi kebutuhan, mata pelajaran bisnis online

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/suryaedunomics.v2i1.5532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.