PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERMODIFIKASI SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NUSANTARA INDAH SINTANG, KALIMANTAN BARAT

Yulia Suriyanti, Lidya Dau

Abstract


Proses pembelajaran yang bervariasi akan berdampak maksimal pada penguasaan materi pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan menganalisis penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation bermodifikasi Snowball Throwing terhadap hasil belajar ekonomi siswa di kelas eksperimen serta membandingkan hasil belajar tersebut dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian sebanyak 32 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif dan uraian. Hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol = 75,20 dan kelas eksperimen = 80,3 dengan nilai tertinggi di kelas eksperimen 90 dan dikelas kontrol adalah 85. Dengan menggunakan uji t pada uji hipotesis menunjukkan nilai Thitung > Ttabel atau 22,91 > 2,00 bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen pada materi Sistem Perekonomian. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation bermodifikasi snowball throwing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, maka disarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran ekonomi di sekolah.

 

Kata Kunci: group investigation, snowball throwing,  hasil belajar ekonomi.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/suryaedunomics.v1i01.4387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.